Friday, July 8, 2011

Italian Vocabs

Bahasa Italia menurut gw salahsatu bahasa yang menarik untuk dipelajari (dan termasuk susah sih benernya) karena terdengar ekspresif dan indah didengar ^^

Pelajaran bahasa Italia gw dimulai dari Bologna dan Venezia, tahun 2010 waktu pertama kali nyampe Itali.
Yang wajib diketahui sih simple phrase seperti Buongiorno (selamat pagi), Grazie (terima kasih), Ciao (halo/ dagh), Prego (silahkan), permesso (permisi), scusi/scusa (maaf).

Banyak juga website yang ngasi clue untuk belajar bahasa Itali contohnya :
http://www.linguanaut.com/english_italian.htm

Atau yang lebih advance bisa liat disini :
http://www.iluss.it/schede_gram_free.html


Bahkan ada link dari BBC yang ngasi tips Italian phrase untuk situasi yang informal :)
http://www.bbc.co.uk/languages/italian/cool/pulling_flash.shtml

My free Italian lesson sebenernya gak masuk kamus, karena ini bahasa yang mestinya gak dipake sehari-hari alias vocab untuk swearing :)
However, kenapa gw masukin di blog ini, karena setelah belajar (tau) fakta ini, gw perhatiin banyak banget orang dijalan make kata-kata swearing ini!

Berikut contohnya :

Vafan Culo! (= f**k ass , ekspresi sangat menentukan, jadi make sure kalo pake ini mukanya juga harus beneran marah) bisa dipake kalo ada kendaraan yang seenaknya nyerobot jalur kita.

Porca Puttana!/Porca Troia!/Porca lainnya (porca=pig, jadi silahkan ditambahkan di depan kata apapun udah jadi kasar artinya) boleh dipakai juga kalo untuk ngedumel, misalnya nyari barang gak ketemu-ketemu.

Sei uno stronzo! kurang lebih artinya 'you are shit' ... jadi pake kalo bener-bener kesel sama orang/orang yang sangat menyebalkan

Pezzo di merda! (=piece of shit) ini paling tepat dipake kalo qta abis nginjek 'ranjau' dijalan, hasil buangan anjing yang suka diajak jalan-jalan sama majikannya :)

Sei un ciccione (m)/cicciona (f) artinya sih 'you are fat', tapi orang Itali kayanya bakalan tersinggung banget kalo dibilang gendut. Temenku bilang ini cocok dipake kalo sesama cowo maen sepak bola lalu mengumpat yang larinya paling lambat.

Tu non scopi !! artinya 'kamu impoten' ... hmm kebayang kan betapa marahnya orang Itali (yang sangat mengagung-agungkan machoisme) kalo dibilang ini, so ati-ati make yang satu ini

Selaen itu ada hal-hal yang lucu dari bahasa Itali yang gw tau seperti
tokoh kartun Popeye ternyata disana namanya Braccio di Ferro (=lengan dari besi).

Fakta lainnya yang penting : Orang (atau cowo) Itali juga termasuk romantis dan affectionate, dijamin bisa klepek-klepek deh kalo ada cowo Itali naksir qta (para cewe).

Mereka juga masih memperhatikan tata krama Galateo e.g. wanita harus jalan di depan lebih dulu, harus dibukain pintu, dikasi duduk (kalo naik kendaraan umum), pas dating disiapin kursi dengan pemandangan lebih nyaman etc.


Owya ini nasehat yang gw kasi untuk temen (cewe) gw yang jomblo :
"Get yourself an Italian man at least once in a lifetime, they're the best thing in the world that woman can get"
[Oktavia, 2011]
^^

2 comments:

agustinriosteris said...

mungkin salah satu cara paling mudah untuk menguasai bahasa italia dkk'y, adalah dengan belajar bahasa latin terlebih dahulu hehhehhe

kayaknya salah satu kalimat sumpah serapah itu pernah muncul di film eat, pray,love

MD said...

Iya betul!

Bahasa Italia emang punya akar bahasa Latin...
contohnya dekstra/sinistra (Latin) juga jadi dekstro/sinistro (Itali)

makanya beruntunglah anak2 kedokteran yg pernah belajar anatomi :)

ehm, belum sempet nonton eat,pray,love tuh... tapi mungkin aj sih :)
aq jg perna denger tukang pizza bilang 'porca madonna'
:D