Thursday, June 23, 2011

Kopenhagen : where to go

Mengingat beberapa hari lagi kemelut thesis akan berakhir, jadi sekarang gw ada waktu untuk bikin travel plan untuk entar Juli... *yay!*

Sebenernya travel plan-nya sendiri udah dibuat secara kasar dari bulan-bulan kemaren,
berhubung dengan harga tiket doang sih... maklum pengen traveling tapi murah jadinya mesti usaha booking jauh-jauh hari deh :-)

Tapi ini bukan soal kemana ntar Juli traveling, tapi janji gw sendiri (dan juga untuk temen-temen) yang sapatau mau mengunjungi Kopenhagen- yang walopun kotanya sendiri bagus tapi *hmmm* mahal. Mahal bahkan untuk orang Eropa (temen gw orang Belanda aja protes kalo mau belanja disini, karena barang yang sama di Belanda harganya 2-3 kali lebih mahal disini).

Selama 5 bulan tinggal disini jadinya gw berusaha mencari tips gimana caranya supaya bisa menikmati Kopen tapi juga menghemat pengeluaran.
So, beberapa akan gw bagi, sapatau berguna untuk masa y.a.d :-)

1. Transport disini mahal. Mau pake apapun.
Paling murah pake sepeda (kalo bisa pake sepeda).
Sejauh ini sih gw dapet pinjeman speda alias gratis.
Kalo mau pake sepeda gratis yang dari city centre- bisa diliat di website ini
http://www.bycyklen.dk/english/
Tapi..... gw sendiri belum pernah nyobain, katanya tinggal cemplungin duit 20 kroner (sebagai deposit) lalu sepeda nya bisa dipinjem deh. Hanya ada pas spring-summer aja, dan di tempat-tempat tertentu.
Sepedaan di Kopen sangat sangat nyaman tapi juga mesti ati-ati karena disini orang-orang suka kenceng (termasuk gw ...hihihi) jadi yang kurang berpengalaman silakan sepedaan di jalur lambat sebelah kanan biar gak ngagokin yang mau ngebut :-)

Alternatifnya kalo gak bisa sepedaan, pake klipperkort: kartu yang bisa dipake untuk 10 kali journey. Harganya 140 kroner untuk 2 zones ~ 14 kroner sekali jalan (sekali jalan bisa dipake 1 jam asal dalam 2 zona itu).
Ini mayan murah dibanding beli tiket satuan yang harganya 24 kroner untuk 2 zones.
Owya, untuk travel planner bisa diliat disini
http://www.rejseplanen.dk/
Ada versi bahasa Inggrisnya juga kalo nge-klik bendera UK dibawah.

Jadi kalo mau tau dari 1 tempat ke tempat laen pake apa tinggal masukin aja tuh alamatnya disitu. Tar dia kasitau gimana, pake transport apa, sama harganya dst.
Mirip journey planner di NL.

2. Makan disini juga mahal :-(
Paling murah ya masak...
tapi kalo mau makan enak ada beberapa tempat yang ngasi diskon 50% hari tertentu
contohnya adalah cafe dalle alle tiap hari sabtu-selasa.
Dan gw udah sering bawa beberapa temen kesitu : makanannya gak pernah mengecewakan.
Actually selama disini jarang nemu makanan yang mengecewakan sih, standarnya mayan oke koq. Juga ada sushi all you can eat seperti contohnya di royal palace yang jadi langganan kita tiap hari minggu karena special price :-)
Paludan cafe di Fiolstræde juga termasuk favorit kita, terutama kalo wiken abis pulang campus tus nongkrong ma temen-temen. Dan juga buat tempat belajar atau cari inspirasi ngerjain tugas.

3. Belanja disini relatif mahal, terutama kalo gak ada diskon.
Diskon adanya winter sale dan summer sale. Jadi kalo diluar sale itu, pilihannya bisa belanja ke secondhand market yang kadang ada kadang engga ada, tapi worth untuk dikejar.
Tempat belanja yang terkenal disini tentunya adalah walking street alias Strøget.
Daerah situ juga banyak cafe yang suka dipake ngumpul sama student atau turis (yang kebetulan dikasitau studen juga :-) e.g. Retro cafe di Knabrostræde, atau daerah Studistræde.

walking streetthe famous "walking street"

4. Yang gratis dan bisa dinikmati adalah public facilites-nya
taman tentunya adalah tempat favorit studen untuk nongkrong (piknik, minum-minum, sunbathing etc) dan favorit gw yang laen adalah perpustakaan, yang paling terkenal tentunya black diamond.

Lalu museum-nya juga bagus dan impressive. Pantes aja pajaknya gede... semua museum nya gak ada yang mengecewakan.
Museum juga ada yang gratis, tergantung harinya.
Ada yang gratis terus-terusan contohnya National museum, yang laennya, dan favorit gw adalah Glyptoteket yang gratis tiap hari Minggu.

glyptoteketitalian collection @ glyptoteket

Owya, Kopenhagen juga terkenal sama Tivoli-nya. Amusement park yang katanya kedua tertua di dunia. Yang tertua disini juga, tapi di bakken. Bedanya Tivoli bayar (dan mahal) sedang di bakken itu gratis (masuknya) kalo naek wahana baru bayar.

Sekian dulu informasinya, tar kapan-kapan dilanjut lagi ya ;-)

No comments: