Friday, July 8, 2011

Stockholm :: Venice of the North [1]

Sekilas tentang kenapa gw milih Stockholm sebagai tempat tujuan setelah Bergen.

Ehm, pertama untuk alasan kepraktisan aja nih, karena kan masih sama-sama Skandinavia dan gw belum pernah nyampe kota laen di Swedia selain Malmø (yang berbatasan sama Denmark, dan cuman 40 menit pake train dari Kopenhagen).
Dan waktu itu nyari tiket nemu yang gak terlalu mahal (pake Norwegian Air, karena booking beberapa bulan sebelumnya), akhirnya ya udah deh diputuskan sebagai tempat tujuan jalan-jalan setelah Bergen.

Owya, sebelumnya googling dulu- seperti apa sih Stockholm dan apakah worth to visit.

Sebenernya untuk orang Indo mah, ampir semua tempat di Eropa tentunya worth to visit, kan orang Indo easy to please :-)
Lagian kita udah biasa susah juga di negara sendiri, jadi research tempat destinasi cuman untuk persiapan aja biar gak kaget gitu pas nyampe sana. Juga supaya tau apa-apa aja yang mesti dikunjungi.

gamla stanGamla Stan :: old town-nya Stockholm

Ternyata kata tante Wiki, Stockholm punya nama sebutan Venice of the North.
Baru tau juga kalo kota Stockholm itu sebenernya beberapa pulau (kecil) yang digabung jadi satu municipality. Makanya banyak kawasan air juga kaya di Amsterdam. Bedanya kalo di Amsterdam kan kanal, kalo di Stockholm ya perairannya itu laut.

Kesan pertama gw tentang Stockholm : Mahal !

Dan gw dirampok gara-gara mbak yang di tempat turis informasi ngasi tau untuk beli tiket train untuk nyampe city centre pake Arlanda Express seharga 260 SEK (Swedish Kroner) ~ 350 ribu IDR. Padahal ada bus yang bisa nganter ke city centre dengan harga 1/8 nya!

*Grgrgrrgrgrrrgrgrrr*
Teganya.

Dampaknya gw jadi mesti berhemat-hemat di Stockholm (yang akhirnya gagal juga, abis ada summer sale . . . . huhuhu)

Pas nyampe ternyata suhunya lumayan cerah.
Bukan lumayan lagi sih, tapi 29 derajat Celsius! Officially summer here :)

arsitektur gedungnya mengingatkan gw sama Budapest,
hanya disini lebih bersih ...


Disini juga bisa naek sepeda, dan aslinya enak banget sesepedaan (asal gak nyasar dan bisa baca peta :) karena udaranya bersih, kotanya juga enak dijelajahi dengan sepeda karena banyak taman yang bisa diexplore, dan disini ada city bike yang bisa disewa selama 3 hari seharga 165 SEK (~ 220 ribu IDR).

city bikeCity bike :: modal untuk meng-explor kota ^^

City bike ini ada beberapa spot rack-nya di kota, dan bisa diakses pake kartu city bike yang bisa dibeli di turis informasi deket TT-Centralen (statiun central nya Stockholm).

Kalo males pake sepeda juga bisa beli tiket untuk 16 journey seharga 180 SEK (~242 ribu IDR), hanya tiket ini ternyata gak beneran bisa dipake untuk 16 kali perjalanan ternyata . . . cuman bisa untuk 8 kali aja :(

Karena summer artinya cuaca udah mulai anget dan nyaman untuk outdoor activities, sebenernya gw sih prefer sesepedaan. Tapi buat nyonya dan nona yang gak mau item dan kurang fit untuk sepedaan silakan saja pake transport umum.
Transport umum juga lebih cepet dan gak lecek, hanya buat gw sih (yang udah biasa sesepedaan di Amsterdam & Kopenhagen) rasanya gak afdol kalo gak ngerasain sesepedaan juga disini.

biking aroundbanyak turis laen yang sesepedaan juga, bagus sih cuacanya

Tourist center:
Vasagatan 14

Arlanda (airport) - Stockholm Cityterminal ; one way ticket 89 SeK (pake Swebus)
Cityterminal - Skavsta (airport) ; one way ticket 119 SeK

No comments: