Tuesday, August 20, 2013

.: first bike ride ... to Collioure :.

hari ini diprediksikan kalau cuaca akan cerah dengan suhu sekitar 27 sampe 32 derajat celsius.
langit biru dan tanpa awan.
cuaca yang tepat buat piknik ke pantai !

tapi karena sekitar 5000 orang yang lagi liburan ke Prancis Selatan juga kemungkinan berpikiran sama, jadi B berkesimpulan lebih baik kita naek motor daripada pake mobil.
masalahnya kalau bawa mobil, bisa-bisa abis dua jam sendiri untuk cari parkir.


maklum orang Perancis itu ikut aturan, cuman parkir di kawasan yang boleh parkir.
kalo parkir sembarangan dendanya bisa 60 - 90 Euro.
jadi mungkin mereka pelit juga gak mau ilang duit atau mobilnya diderek, lebih baik ikut aturan kan... hahaha.

oke kembali ke cerita tentang acara ke pantai hari ini, daerah yang akan kita kunjungi adalah Collioure. Masih di regio Languedoc Rousillon tentunya.

apa kata Wikipedia tentang Collioure? ini gw kasi link-nya buat diintip :)

http://en.wikipedia.org/wiki/Collioure

sebelumnya kita pinjem motor dulu ke rumah ortunya B.
motor yang dimaksud adalah motorbike beneran 1000cc !
wuih gw gak pernah naek yang ginian. biasanya cuman naek motor bebek aja atau paling banter motor gedean dikit semacam honda tiger atau kawasaki ninja.

karena kita pake motor, jadi aturannya mesti pake helm full-face, celana panjang, jaket (fyi, suhunya padahal sama panasnya kaya Jakarta).

menurut B, angka kecelakaan lalu lintas (KLL) di Perancis akhir-akhir ini meningkat.
tahun lalu aja ada 1000 orang yang meninggal disebabkan oleh KLL.

hah! gw bilang, kalo 1000 orang untuk seluruh Prancis mah dikit atuh.
setelah gw liat, statistik di Indonesia menyebutkan ada sekitar 27 ribu orang lebih meninggal akibat KLL di tahun 2012. ya memang penduduk kita juga mungkin 6 kali lipat lebih banyak daripada jumlah penduduk Prancis... tapi ... kita sama-sama tau seberapa 'ngasal'nya orang Indo sama aturan lalu lintas.

lampu merah di-langgar, naek motor gak pake helm, belum boncengan 4 orang di motor.
pokonya waktu sakti bener orang kita mah, gak takut sama yang namanya cium aspal.


owya, ngomong-ngomong soal KLL, ini hasil pengamatan gw sewaktu kerja di kantor Jakarta dalam waktu 6 bulan:
- dua orang kolega jatuh dari motor saat dibonceng ojek (hasil: luka-luka dan keseleo)

- satu orang suami kolega jatuh dari motor pas ujan karena gak liat jalan bolong (hasil: luka parah)
- satu orang anak dari kolega meninggal saat naek motor gak pake helm, karena ketabrak truk.
- dan banyak insiden laennya yang kecil gak sempet gw inget. . .

itu semua secara statistik kasar aja.

tapi coba deh sekarang gw tanya, apakah ada yang punya kolega, kenalan, sodara deket, sodara jauh,  yang menderita kecelakaan lalu lintas dalam waktu sebulan ke belakang?

jawabannya, pasti ada. terutama kalau tinggal di Jakarta atau kota besar.

saking seringnya sampe kadang-kadang jadi hal yang biasa buat kita.

padahal itu gak biasa banget buat orang Eropa.
it's really a big thing.

waktu kuliah di Kopenhagen (Denmark) sering gw liat ada iklan layanan masyarakat yang menyerukan untuk hati-hati kalo pake sepeda di jalan.
ya aneh memang, pake sepeda kan pelan, koq bisa celaka.
nyatanya sering kecelakaan itu terjadi saat kita menyepelekan resiko dan menganggap aman.

sama juga waktu di Prancis, gw sempet liat iklan layanan masyarakat tentang hati-hati mengendarai motor di jalan. emang kedua iklan yang gw liat cukup ekstrim sih, dan juga dibantu sistem yang ketat.
alhasil kasus kecelakaan lalu lintas jadi lebih jarang.

ohya, gw pernah liat satu kali ada orang yang naek motor gak pake helm selama di Perpignan.
dan waktu itu B langsung heboh, dia bilang, gila itu orang mau mati kali yah.
selaen bisa kena tilang dan kehilangan SIM, yang namanya pake motor disini juga bisa jalan kenceng banget.

ehm . . . ternyata cukup banyak ngelanturnya dari topik awal soal piknik ke pantai.
maafkan untuk flight of ideas-nya.
mari kita lanjut. . .

setelah motorbike dan segala perlengkapan siap, maka kita cabut deh ke Collioure, dimana ribuan turis sudah menanti sambil sunbathing. . . hahaha.
perjalanan sejauh 14km ditempuh dalam waktu 12 menit saja kawan-kawan.
gak pake macet walaupun agak padat merayap waktu memasuki kawasan ini, maklum orang susah cari parkir mobil.

sedangkan kalo pake motor, cukup 5 menit aja udah nemu parkir yang strategis depan pantai.

udah kaya teri dijemur kering aja ni para bule

di sini juga tempat kastil terkenal .: Château Royal de Collioure :.
.: Château Royal de Collioure dari salahsatu frame di promenade :.

[ bersambung karena mau nyiapin diner ^ ^ ]

2 comments:

Betti Hermastuti said...

J'aime! ditunggu ya sambungannya :)

MD said...

trims Betti!

yup akan segera ditulis sambungan-nya. masih nyasar di Bcn nih soalnya :)