Saturday, August 10, 2013

.: nature adventure :. la vie en France 5

steph et marie (pacarnya steph) ngajak qta maen ke sungai hari ini.
maen ke sungai artinya kita bakal nyebur alias berenang, dan juga kemungkinan mancing.
walaupun untuk yang aktivitas yang disebut belakangan gw gak terlalu antusias.

waktu diajakin awalnya sih gw agak pesimistis buat berenang di alam. udah kebayang aje betapa dingin air sungai disini. meskipun suhu udaranya bisa anget sampe 30 derajat celsius pas summer, tapi buat orang Indonesia asli kaya gw suhu airnya masi tergolong dingin.
demi rasa suka gw sama marie (dia yang ngajak gw berkuda kapan hari) -atas nama persahabatan gw terima ajakan mereka.

ternyata gak nyesel sama sekali pergi ke tempat ini.
perjalanannya cuman sekitar 15 menit pake mobil dari Ortaffa, dan sampai lah kita ke tempat ini. 

masih harus jalan kaki dulu beberapa menit menembus pepohonan. sampe akhirnya kita ketemu sungai dan air terjun mini-nya.

ini beberapa foto yang gw dapet selama disana.



.: le tech d' Ortaffa :.
gada orang laen yang nyemplung disini selaen qta
steph udah bawa perlengkapan untuk nangkep ikan juga di sungai ini.
ternyata ada aturan disitu, ukuran ikan yang boleh ditangkap dan alat mancing yang digunakan. wuih ketat juga ya, yang kaya begituan aja diurusin.

ini hal yang menarik buat gw, mengingat negara Prancis itu terkenal dengan 'kebebasan'nya: punya pantai nudist, toleransi tinggi dengan kaum lesbi & homoseks. tapi koq mereka bisa peduli banget dengan alam dan penduduknya nurut ikut aturan itu.

bertolak belakang dengan negara kelahiran gw, yang katanya menyanjung-nyanjung moralitas dan agama. tapi payah banget kalo soal memelihara alam.
yang namanya tempat wisata alam di negara kita, cuman bertahan beberapa tahun aja. lalu kemudian gak menarik minat wisatawan lagi karena dikotori oleh sampah dan satwa yang didalamnya dieksploitasi habis-habisan. 



kalo kata B: negara kamu gak sempet ngurusin alam dan hewan, kebanyakan penduduk sih. jangankan ngurusin alam, pemerintahnya suru ngurus orangnya aja gak cukup waktu dan energi.


bener juga sih. 

makanya gw merindukan mentri kesehatan atau presiden yang bisa menerapkan gerakan keluarga kecil bahagia= 2 anak cukup.  

No comments: