Thursday, January 6, 2011

Malta :: different side of Europe (ep.2)

Disini, banyak orang masih religius (FYI, penduduk Malta kebanyakan masih megang agama Katolik- gak seperti kebanyakan negara EU yang banyak ngaku udah atheis). Dimana-mana banyak gereja, tus waktu pas deket natalan sempet ikutan nonton konser natal juga, dengan Malta Philarmonic Orchestra.

Amazingly beautiful !

Itu kesan gw.... lalu takjub juga karena gedung gerejanya penuh sama orang.
Kita (gw+temen) sampe gak kebagian duduk sampe akhirnya duduk di tangga.

Gak biasanya liat gereja di EU penuh sama bukan turis, tapi bener sama orang yang emang pengen hadir di gereja (lagian emang suasana Natal kali yah - biasa orang Kristen biarpun males ke gereja klo hari biasa tapi Natal & Paskah suka hadir ... seengga-engganya 2 x setaun deh
:-)


Christmas concert @ St. Publijus church, FLoriana

Lalu, yang bikin beda sama negara Eropa laen, mungkin karena Malta masi termasuk negara religius jadi cewe-cowonya kalo pacaran gak living together (gak kaya di Belanda atau Jerman gitu...) mereka beneran married dulu, baru punya anak.
Bukan punya anak dulu baru married seperti yang sudah biasa terjadi di negara EU laen :-)
lalu married juga usianya muda -
Trus disini juga termasuk aman !
Ada orang parkir mobil kaca mobilnya dibuka tapi cuek aja....

Jadi inget gimana sepeda si Alice ilang kecurian di Amsterdam padahal udah digembok depan belakang.... hehe...


Soal transportasi, Malta juga murah ... banget !

Naek bus kemana saja tarifnya sekitar 0.47 hingga 0.85 € (ini jarak paling jauh bisa 45 menit lebih)
tapi bus-nya ada yang bagus kaya di Belanda, ada juga yang creepy kaya bus damri ...

Qta pernah punya pengalaman berkesan pake bus creepy ini, dimana asap knalpotnya bocor masuk ke dalem (mana gak ada sirkulasi pula) dan mesinnya batuk-batuk kaya kena asma di tanjakan... padahal itu bus terakhir yang beredar pas tanggal 1 Jan 2011 -jadi semua penumpang bus gada pilihan kecuali bertahan naek bus creepy ini (termasuk qta) sambil berdoa mudah-mudahan nyampe dengan selamat di terminus Valetta, walopun pada akhirnya butuh 45 menit lebih lama dari waktu perjalanan biasa *sighed*.
Pantesan orang Malta religius, kalo tiap hari naek bus kaya gini ...


inside creepy bus :)kinda reminds me of home :-D
Malta, Valletta, backpacker, Europe, cheap travel, budget travel, budget, trip, backpacking

2 comments:

VagabondQuest said...

Wah asyiknya, ke Malta! Salah satu rekan kerja hubby pindah ke Malta karena mereka jatuh cinta sama negara itu.

Cerita ttg gereja jadi ingat pengalamanku ke Fatima (tempat penampakan Bunda Maria) di dekat Lisbon, sempat ikutan misa di situ, tapi ngantuk banget karena ga ngerti bahasanya blas, hehe.

sTyLiSsiMo said...

Indeed !

aq jg jatuh cinta ma Malta, pengen balik lg deh rasanya... mgkn kalo ada ksempatan pas spring/autumn gt :)