Sunday, November 27, 2011

Eurail versus Pesawat

Sehubungan dengan pertemuan dengan anak-anak CS Bandung kemaren,
ada beberapa pertanyaan yang muncul dari beberapa orang yang mau traveling ke Eropa.

Pertanyaannya: "Murahan mana pake Eurail pass atau pesawat ?"

Sebenernya jawaban dari pertanyaan seperti ini udah ada banyak yang bahas di forum traveler (contohnya yang saya tau milis yahoogroup Indobackpacker).

Kalau berdasarkan pengalaman saya sih, jawaban untuk pertanyaan diatas adalah:
"Tergantung."

Tergantung dimana (negara) kita traveling, berapa banyak tempat yang kita kunjungi, berapa lama mau tinggal di tempat tersebut (short/ long stay).

Pake Eurail pass menurut saya baru masuk itungan ekonomis kalau travel plan kita banyaknya di Eropa bagian utara (Skandinavia, Jerman, Prancis, Swiss, Benelux) dan kita pengen mengunjungi banyak tempat dengan waktu tinggal yang pendek (short stay, 1 hari atau kurang).

Terus terang, saya sendiri belum pernah nyobain pake Eurail pass... hihihi... soalnya menurut saya selain Eurail pass gak murah-murah amat, juga travel plan saya cenderung long stay di suatu tempat (2-3 hari). Dan saya emang prefer dapet tempat dikit tapi tinggal rada lama disuatu kota supaya bisa bener-bener explore tempat tersebut.

Selain itu, kalau kita bisa dapet promo flight murah (budget flight) bisa jadi harga tiketnya juga jauh lebih murah daripada pake Eurail pass.

Contoh budget flight misalnya Ryanair (murah, tapi pelayanan-nya jelek. Don't expect anything deh kalo naek ini, sebenernya gak murah-murah amat karena ada biaya tambahan kalau kita pesen seat, tambah bagasi, dan belinya mepet!)

Budget flight lain ada; easyjet, flybe, germanwings (gak murah-murah amat kalau gak promo).
Kalo negara tujuan kita Eropa timur bisa juga pake Wizz air.
Di Skandinavia ada flysas dan norwegian air.

Salahsatu maskapai airline favorit saya di Eropa adalah airberlin :)
Airberlin sebenernya gak termasuk budget flight, karena diluar promo bisa lumayan mahal juga harga tiketnya.
Tapiiii. . . kalau lagi promo, bisa dapet tiket seharga 29 Eur (belum termasuk tax) ampir ke smua destinasi di Eropa. Promo ini bisa kita tau kalo kita langganan newsletter-nya airberlin atau kita udah jadi member (frequent flyer). Daftar member-nya juga gratis koq.
Enaknya pake Airberlin juga kalau kita udah jadi frequent flyer - bisa ngumpulin miles yang bisa dituker jadi tiket flight gratis (kalau point miles-nya udah banyak).
Diluar keuntungan jadi frequent flyer, Airberlin juga ngasi free baggage 20 kgs- yang artinya lumayan banget kalau kita traveling dengan koper ukuran besar.

Traveling pake pesawat ada enak dan ada gak enaknya juga sih.

Enaknya ya cepet nyampe, apalagi kalo negara tujuan-nya jauh contohnya kalo traveling dari negara belahan utara (e.g. Belanda) ke bagian selatan (Spanyol, Itali, Yunani).
Kan kalo misalnya pake Eurail/ jalan darat, kebayang deh mesti duduk berapa lama dalam perjalanan . . . dan, mending kalo dapet temen sperjalanan yang asik, kalo dapet orang random yang ternyata menyebalkan ?!?

Gak enaknya, kalo traveling pake pesawat kan mesti ada waktu yang dialokasikan untuk pergi ke airport (dan beberapa airport letaknya lumayan jauh dari kota).
Juga mesti ada waktu yang disiapkan untuk check in, masukin bagasi, boarding dllsb.

Pake pesawat juga ada resiko flight-nya cancelled karena cuaca jelek (hujan gede, salju, badai) dan kalo kita punya flight yang jadwalnya berdekatan- bisa ketinggalan flight berikutnya deh!
Ini pengalaman pribadi saya waktu taun lalu mau liburan Natal di Malta, taunya flight yang di Dusseldorf di-cancel dan kita ampir aja ketinggalan flight yang dari Milan!
sleeping in dussysleeping in Dusseldorf airport :: been there, done that!

Kadang juga, jadwal keberangkatan yang gak enak (terlalu pagi, atau terlalu malem) akhirnya bikin kita mesti nginep di airport supaya gak ketinggalan flight.
Untungnya, ada website yang kasi review gimana situasi airport tersebut-
apakah aman untuk tidur, gimana kondisi airportnya.
Ini dia website-nya :) http://www.sleepinginairports.net/

Walaupun pake pesawat ada gak enaknya, tapi aku tetep vote untuk travel pake pesawat sih!

I also like the sense of flying high, and see mountains or landscape from above ^^

sunset view from inside the plane :
one of the beauty of life!


:: mountains view from above ::

1 comment:

aRmaTia said...

Hmm...waktu itu pernah pake Eurail pass tapi hanya untuk satu negara yaitu Italia. Itupun setelah melakukan kalkulasi ternyata lebih murah pake eurail daripada beli tiket point to point. Jadi stuju banget, memang jawabannya: tergantung :)