Saturday, April 30, 2011

Budapest (HU) : part two

Keliling sendirian di Budapest buat cewe masih bisa dibilang aman sih.
Walopun host gw bilang sebaiknya diatas jam 12 lebih ati-ati karena banyak orang mabok tapi gw gak menemukan kejadian yang bikin syerem...

Orang Hongaria itu dipikir-pikir mirip banget sama orang Rusia, gaya pakeannya juga.
(Ini cuman hipothesis semata karena gw juga blum nyampe Rusia tuh... hehe)

Turun ke tempat Metro-nya juga curam banget kaya di Eropa timur (emang eropa timur lageee dan emang bekas jajahan USSR). Pertama kali pake eskalator yang buat turun ke Metro itu sampe ampir jatoh gara-gara curam banget & cepet pula eskalatornya... kalo orang-orang tua yang pada naek tangga ini pasti banyak yang celaka.
Emang disini fasilitas publik-nya gak se-akomodatif kaya di Jerman ato Denmark sih.

Trus lifestyle-nya juga eropa timur banget... tapi herannya disini junk food termasuk McD laku keras bo.

Kata host gw (kita sebut aja namanya Szil) emang sekarang lagi jaman susah untuk Hongaria (seperti dibagian EU lain yang kena krisis) jadi orang susah juga cari kerja, dan kalo ada kerjaan juga gajinya ngepas, sedang kebutuhan hidup kan tambah mahal.
Hmmm... jadi inilah bagian EU yang keadaannya mirip negara berkembang.

salahsatu Bath yang deket Hosok Tere
sayang gak sempet nyemplung sihi :-(


Yang terkenal di Budapest adalah pemandian-nya alias Bath.
Ada 2 tempat Bath yang terkenal, salahsatunya deket Hosok tere.
Sempet dua kali ke daerah itu karena disana ada castle yang bagus banget, tus gw nongkrong aja sambil liatin orang-orang (atau turis-turis) ngambil foto karena spot-nya emang bagus.
Dasar turis.... hmmmm...

castle yang bakal jadi tempat poto pre-wedding kalo di Indo :-D

Trus kedua kalinya lewat tempat itu lagi, ternyata ada demonstrasi!
Tempatnya langsung penuh sama ribuan orang.... kaget juga tadinya, tapi seru juga kapan lagi liat demonstrasi di luar negri. Lagian demonstrasi-nya gak ada bakar mobil, lempar batu ala Jakarta.. tapi tertib (dijaga polisi juga sih, polisinya cakep walopun tampangnya ganas :-)

demo Hosok Teredemonstrasi disini sayangnya gak heboh,
tapi masuk CNN juga tuh malemnya


Hari ke-empat di Budapest, gw janjian ketemu sama satu cowo dari Riga, Latvia tapi dia lama tinggal di Polandia dan maen kesini juga. Namanya Vadim, (tapi kalo dia nyebut namanya kaya 'Vadjim' gitu deh).

Orangnya baek dan educated & bisa diajak ngobrol segala macem. Trus ternyata itu hari terakhir dia di Budapest karena besoknya mesti terbang lagi ke UK. Tapi malah dia yang bilang: 'terserah deh elu mau ngapain acaranya gw ngikut aja.'
Akhirnya gw menyarankan untuk keluar malem karena gw suka ngambil night photos.
Walopun cuacanya masi dingin (10-12 C) tapi okelah karena gak ujan. Trus jadinya kita jalan malem dari city centre ke arah Buda castle untuk ngambil foto dari sebrang Danube river itu.
Hah.... malem yang berkesan pokonya ama si Vadim ini, mana pulangnya udah gak ada metro.
Metro disini cuman sampe jam 11 malem ternyata!
Alhasil kita pulangnya jalan kaki, dia nganter sampe ke tempat gw nginep.

ini dia beberapa hasil foto malam hari,
Budapest jadi tampak lebih cantik!

I just loovvveee night photoshooting :-)

Buda castle dr sebrang DanubeBuda castle dari seberang Danube river,
susah banget tapi ngambil fotonya tanpa tripod


No comments: